Hidup Tenang Kadal Raksasa

Kamu suka nggak kadal? Bagaimana dengan kadal raksasa?

Mereka tidak akan mengusirku dengan sapu bila aku berkeliaran di rumah mereka. Itu saja bedanya hewan dengan manusia.

 

Terkenal dengan nama Biawak dan bernama latin Varanus salvator, hewan ini banyak ditemui di kota, desa, dan pinggir pantai kepulauan Indonesia. Kenyataan menyedihkan yang kutahu  ketika tinggal di daerah, mereka kerap kali diburu dan ditangkap untuk diambil bagian-bagian organ tubuhnya. Dipercaya mengandung khasiat. Keberadaannya terancam punah oleh perdagangan hewan sejenis mereka.

Dimana saya, si kadal, ayo tebak!

Foto ini kuambil disebuah pulau yang kalem dan tenang. Dari kelakuannya kelihatan sekali kadal raksasa sejenis biawak (suku varanidae) ini tidak punya kegemaran lain yang agresif selain bobo manis di sore hari bersama keluarga.¬† Mungkin ada kakek, nenek, ayah, ibu, dan anak-anak….

Menggeliat malas jelang makan siang….

Kamu tahu nggak mereka juga perenang handal? Dan mereka sukaa sekali menangkap ikan. Coba lihat baik-baik. Aku melihat seekor berperawakan kecil saja demikian gesit dan agresif saat menangkap ikan di pinggir pantai. Kemudian berenang kembali untuk memakan mangsanya dengan lahap.

Berenang gaya bebas kadal

Beberapa dari mereka beruntung bisa kembali ke tepi pantai dengan selamat sambil membawa tangkapan. Seperti yang bisa dilihat di foto di bawah. Biasanya ikan-ikan kecil. Sayangnya dengan semakin banyaknya pencemaran lingkungan, satwa ini ikut memakan makanan yang mengandung bahan-bahan kimia sehingga mengalami mutasi genetik. Mereka yang sudah terkena, kemungkinan bertahan hidup lebih sulit.

Snack time!

Dalam berbagai kesulitan mencari makan dan ancaman pencemaran masih banyak lagi tantangan bagi si kadal raksasa. Beberapa dari mereka tidak beruntung dalam perburuan karena bertemu dengan predator, atau tenggelam entah kenapa. Akhir yang tragik.

Hidup itu begitu singkat…

Tolong jangan ganggu kedamaian hidup mereka, niscaya mereka juga tidak mengganggumu. Aku akan berpikir dua kali mengusik ketentraman mereka. Sekali reptil tetaplah reptil. Banyak bakteri yang bisa berbahaya bila terkena gigitan mereka. Namun normalnya mereka tidak begitu peduli, sih, kita hadir atau tidak. Tidak seperti kita.

Apakah kamu pernah menjumpai salah satu diantara kadal raksasa ini di tempat tinggalmu?

0 thoughts on “Hidup Tenang Kadal Raksasa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.