Rapi Dengan Metode KonMari

Beberapa hari ini aku mempraktekkan metode KonMari. Ini adalah sebuah metode terbaru yang cukup terkenal di tahun 2015 lalu. Diciptakan oleh Marie Kondo, seorang profesional dalam hal merapikan. Ia telah merilis dua buku seputar metode ini yang terjual laris manis.  Konon waiting list untuk kunjungan wanita yang berdomisili di Tokyo ini ke rumah klien, bisa sampai enam bulan!

Walaupun memiliki klien luar biasa banyak, Marie sendiri mengklaim tidak ada yang kembali lagi untuk minta pengulangan konsultasi. Bukan berarti artinya ia gagal. Tidak. Karena metode yang ia gunakan ini memang sekali pakai untuk seumur hidup.

22318578
Menurutnya, sekali mempraktekkan, anda tidak akan berniat menjadi berantakan lagi.

Karena itu tidak salah, kalau dia dinobatkan menjadi semacam “pendekar bagi rumah berantakan”. Bahkan dia masuk ke list 100 orang berpengaruh di dunia versi majalah Time.

Saat ia mengunjungi Amerika Serikat, antrian pengunjung yang ingin melihat langsung aksinya (sekaligus minta tanda tangan)  membludak. Marie juga muncul di acara-acara TV Amerika. Beberapa show terkenal memintanya memperagakan metode KonMari terutama dalam hal melipat baju yang cantik.

Kapan ia menyadari bahwa ia memiliki passion dalam hal merapikan? Diakuinya saat mulai merasa memiliki misi ketika ia berumur 19 tahun. Dan praktek pertama adalah rumah keluarganya sendiri. Kebetulan dia memiliki saudara-saudara.
Berbagai metode telah dicoba, mulai dari mengeluarkan barang-barang, hingga akhirnya dia merasa lelah. Barang keluar tidak ada habisnya. Saat lelah itulah Marie seperti mendengar sebuah suara di dalam kepala. Suara itu memintanya untuk melakukan hal sebaliknya, tidak berfokus pada barang yang ingin dibuang, melainkan barang yang ingin disimpan.
spark joy

Dalam metodenya ini Marie menekankan pentingnya menemukan “Spark Joy” pada setiap barang yang kita putuskan untuk disimpan. Caranya dengan menyentuh barang tersebut dengan penuh perasaan. Semua jenis barang. Bila kita merasa seperti gembira tubuh akan merasa seperti melayang keatas, itulah barang yang membuat gembira. Kebalikannya bila tubuh terasa berat, maka tidak ada rasa kegembiraan hadir dalam barang itu. Sisihkan.

Ketika aku mencoba metode ini, paling mudah adalah ketika memasuki tahap pertama yaitu pakaian. Mulai berat saat masuk ke tahap berikutnya yaitu buku.  Kapan-kapan aku ceritakan, ya, detailnya.
Jadi step-step yang dianjurkan Marie Kondo ini memang ada urutannya, yaitu berdasarkan kemudahan hati seseorang dalam melepas sesuatu. Itu sebabnnya barang sentimental sengaja di taruh di bagian step akhir pada metode KonMari.
Aku jadi sadar kalau orang-orang memulai bebersih dari step yang salah, maka yang terjadi malah macet di step itu. Terutama step barang sentimentil dimana akhirnya malah orang-orang jadi duduk bernostalgia!
13407148_10154727320056840_4599886610447023964_n

Memang perbedaan mendasar metode KonMari dengan cara-cara lain adalah….lebih terstruktur dan cepat dalam merapikan. Karena dalam pemilihan barangnya mengutamakan perasaan. Logik bisa membuat kita jadi menahan sebuah barang dengan berbagai alasan seperti,

“Ah, masih bisa dipakai besok-besok” 

“Ini belum dicoba.”

Padahal di masa depan itu tidak pernah terjadi. Akhirnya hanya berakhir menjadi barang menganggur.

 Tertarik mencoba metode KonMari?

25 thoughts on “Rapi Dengan Metode KonMari

  1. Mbak itu bukunya dijual di toko buku di Indonesia nih?
    Aku suka nonton reality show yg beberes rumah itu, emang legaan ya saat barang2 yg gk dibutuhin keluar. Cuma kdng sayang hehe

  2. hahaha, fotonya itu bener banget… bersihin kamar, terus liatin barang selama beberapa menit… abis itu tumpukannya cuman pindah lokasi…
    Tapi untuk buku saya sudah mulai tega2in….

  3. Iya mbak konmari ini fenomenal banget. Aku jg ngikutin caranya. Baju2 yg katanya bisa dipake lg kalo ud kurus, ud aku kasi org drpd menuhin lemari dan gudang.
    Hihihi

  4. spark joy, menyentuh barang dgn penuh perasaan, itu kykny pernah aku baca di novel the shopaholic :).. tertarik lah ama metodenya… apalagi krn rumahku kecil, dan ada 2 anak, udh pasti rumah jrg bisa rapi ;p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *